Jaga Peluang Juara, Persib Harus Terus Berbenah   Leave a comment

Persib Bandung sukses menekuk Persija Jakarta pada lanjutan kompetisi ISL 2011/2012, Minggu (29/1/2012). Meski meraih hasil manis, Persib diminta terus berbenah, jika perjalanan menuju tangga juara ingin tetap aman.

Terlebih jika melihat penampilan skuad Maung Bandungsaat bentrok dengan Persija, di paruh babak kedua tak sesangar harapan bobotoh atau pencinta sepak bola Tanah Air. Suguhan permainan Maman Abdurahman dan kawan-kawan cenderung monoton. Gampang ditebak dan dipatahkan alurnya.

Kekayaan materi pemain berlabel bintang nasional sepertinya tak bertuah. Buktinya, konsistensi permainan anak-anak Bandung masih naik turun. Kencang di babak pertama, lalu mengendur di babak kedua. Atau malah sebaliknya.

Makanya tak heran jika banyak yang menilai, jika gol yang dicetak pasukan Drago Mamic kurang berkelas. Yakni kebanyakan dari bola-bola mati bukan dari serangan dan taktik yang terukur.

Fenomena itu bisa dicermati dari dua laga terakhir, saat menang 2-1 dari PSPS Pekanbaru dan unggul tipis 1-0 dariMacan Kemayoran. Tiga gol yang dipetik Persib, semuanya berawal dari bola mati. Masing-masing dari sepak pojok, tendangan bebas, dan eksekusi penalti.

“Tentu Persib masih harus terus berbenah memperbaiki apa yang masih dianggap kurang maksimal. Permainan secara keseluruhan, mulai dari organisasi permainan belum terlihat dengan baik. Harus terus ditingkatkan,” kata mantan pemain Persib Bambang Sukowiyono, Senin (30/1/2012).

Artinya, pekerjaan rumah Persib masih menumpuk. Masih banyak kelemahan dan kekurangan yang terpantau para pesaingnya. Sepak bola prestasinya masih bisa digoyang meski bertindak sebagi tuan rumah dengan militansi dukungan bobotohnya yang luar biasa. Mereka harus rajin mengevaluasi diri. Tak peduli saat euforia kemenangan menyapanya. Bukan malah terlena mabuk kemenangan.

Memang tak dimungkiri bahwa kemenangan atas Persija, Minggu (29/1/2012), pamor dan reputasi Maung Bandungkembali mengaum. Merangsek ke papan atas klasemen sementara dan kembali membuka persaingan sengit dengan kontestan lainnya dalam berburu gelar juara di ajang kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim ini. Sang arsitek Drago Mamic pun mengakui itu.

“Sering saya tegaskan, Persib tim besar dan harus diwaspadai pesaingnya. Kita perlahan tapi pasti dalam menemukan performa terbaik. Kami mengarah ke sana dan terus berburu kemenangan,” jelas Mamic.

Pelatih asal Kroasia itu ditargetkan manajemen tim membawa kapal Persib hingga podium juara. Dia harus bisa menjawab tantangan itu, meski baru pertama tampil dan berkarya di pentas sepak bola Indonesia. Tidak ada tempat baginya untuk mengeluh soal materi pemain yang bukan pilihannya atau buta dengan atmosfer sepak bola Indonesia.

Kompetisi sudah jalan. Tensi persaingan pun panas dan menyengat. Kerja maksimal dan menyuntikkan moril bertanding pada pemain, adalah yang harus terus-menerus dilakukan Mamic beserta staf pelatihnya. Menemukan formula jitu untuk meredam pesaingnya harus jadi denyut keseharian mantan pelatih timnas Myanmar itu.

“Semoga kemenangan atas Persija membantu memuluskan kerja Mamic ke depan,” ungkap manajer Persib Umuh Muchtar

Iklan

Posted Februari 20, 2012 by dhiecobain in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: